Sabtu, 27 Mei 2017

Kain Gujarat Berusia Lebih Dari 600 Tahun Ada di Indonesian Islamic Art Museum

Kain gujarat di Indonesian Islamic Art Museum
Kain Gujarat di Indonesian Islamic Art Museum - Islam masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang dari Gujarat, India pada abad XIII Masehi. Orang-orang gujarat ini menjual berbagai jenis textile yang memiliki kekhasannya masing-masing.  Kain tersebut diperdagangkan dan ditukarkan dengan hasil bumi dari Indonesia.

Indonesian Islamic Art Museum menyimpan textile dari gujarat yang usianya sudah berusia lebih dari 600 tahun. Textile atau kain gujarat tersebut dibawah oleh pedagang Gujarat ke Indonesia pada abad ke-9.

Kain gujarat yang ada di Indonesian Islamic Art Museum memiliki corak berupa seorang raja yang sedang naik gajah dan dikawal oleh para pengawalnya. Gajah di India biasanya digunakan sebagai transportasi untuk para petinggi kerajaan dengan menggunakan howdah atau sadel mewah yang berbentuk singgasana di atas punggung gajah.

Kain gujarat ini juga merupakan kain yang sangat mewah pada masa itu. Sehingga kain dengan corak seorang raja ini hanya dipakai ketika upacara keagamaan, pernikahan dan upacara besar lainnya.
Kain panjang di Indonesian Islamic Art Museum

Selain kain gujarat, Indonesian Islamic Art Museum ini juga menyimpan berbai kain dari Nusantara. Seperti Kain panjang dengan batik kaligrafi dari kerajaan Samudra Pasai, Aceh.  Kain panjang ini tidak untuk dipakai, melainkan dijadikan sebagai dekorasi ketika pernikahan. Selain itu, beberapa orang dari kalangan tinggi juga menggunakan kain tersebut sebagai penutup ketika meninggal dunia.

Sementara itu, Indonesian Islamic Art Museum ini memiliki koleksi benda- benda bersejarah terlengkap. Tidak hanya mendatangkan peninggalan kerajaan Islam dari Nusantara, Museum yang terletak di kompleks Wisata Bahari Lamongan ini juga mendatangkan benda-benda bersejarah dari Kerajaan Islam dunia, seperti Ottoman Turki, Mughal India, berbagai Dinasty China dan masih banyak lainnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar