Senin, 22 Mei 2017

Al Qur’an Terkecil di Dunia dari Masa Kerajaan Ottoman Turki ada di Indonesian Islamic Art Museum

Kitab Istambul di Indonesian Islamic Art Museum 
Kitab Istanbul di Indonesian Islamic Art Museum - Tahukah kamu bahwa Indonesia memiliki museum Islam pertama yang memiliki banyak koleksi benda bersejarah yang unik. Salah satunya adalah kitab Istambul dari Turki pada abad ke -16.

Kitab Istanbul merupakan Al Qur’an terkecil di dunia. Disebut kitab Istanbul karena Al Qur’an kecil ini dicetak pertama kali di pada abad ke-16 an di kota Istambul Turki.

Kitab Istambul dipercaya memiliki khasiat untuk keselamatan dari segala bentuk marah bahaya. Selain itu, kabarnya Al Qur’an kecil ini dahulunya hanya dimiliki oleh kalangan tertentu saja, yakni agamawan seperti para Sunan atau Wali.


Selain kitab Istambul dari Turki, Indonesian Islamic Art Museum juga menyimpang kitab Istambul bertbentuk rajah dari Aceh pada abad ke-17 yang ditulisi dengan tinta emas. 
Kitab Istambul Rajah di Indonesian Islamic Art Museum 
Sementara itu, bisa dibilang bahwa Indonesian Islamic Art Museum ini juga memiliki koleksi benda bersejarah terlengkap. Tidak hanya mendatangkan benda dari kesultanan Indonesia, museum ini juga menyajikan berbagai peninggalan kerajaan Islam yang ada di Luar Negeri.

Zona di Indonesian Islamic Art Museum


Indonesian Islamic Art Museum memiliki tiga zona utama, yaitu Audio Visual Room yang menyajikan film “The Glorious of Islam.” Tidak hanya itu, zona ini juga biasanya digunakan sebagai tempat untuk melakukan perpisahan kelas, bedah buku, seminar dan masih banyak lainnya 
Audio Visual Room di Indonesian Islamic Art Museum
Kemudian zona kedua berisi Galery Seni Islam dari kerajaan Ottoman Turkey, Mughal India, Dinasti China (Tang, Song, Yuan dan Qing) hingga kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia, seperti Samudra Pasai, Mataram Islam dan masih banyak lagi.                                                                                                   
Zona ketiga adalah Diorama atau photo spot area. Di zona ini terdapat beberapa miniatur tiga dimensi, seperti masjid dan kapal Cheng-Ho, toko klontong, masjid agung banten, toko persia dan disertai dengan pemandangan pantai serta suara-suara yang membuat pengunjungnya seakan-akan berada dalam sebuah situasi yang nyata.

Pengunjung berfotoria di zona diorama Indonesian Islamic Art Museum

Fasilitas yang Didapat Ketika Berkunjung ke Indonesian Islamic Art Museum

Pengunjung Indonesian Islamic Art Museuum akan mendapatkan pelayan Story Teller (Guide) dengan 3 bahasa, yaitu Indonesia, Inggris dan Arab. Selain itu, pengunjung juga bisa mendapatkan kererangan tentang Museum dengan menggunakan Aplikasi Augmented Reality (A.R)
 
Augmented Reality Indonesian Islamic Art Museum
Lokasi Indonesian Islamic Art Museum
 Wisata Bahari Lamongan
Jl. Ex Paciran (Ex. Tanjung Kodok) Paciran, Lamongan Jawa Timur

Info dan Reservation Center
081382092200
085748473100




Tidak ada komentar:

Posting Komentar