Kamis, 27 April 2017

Yuk! Belajar Arab Pegon di Indonesian Islamic Art Museum

Pembelajaran arab pegon di Indonesian Islamic Art Museum
Belajar Arab Pegon di Indonesian Islamic Art Museum - Indonesian Islamic Art merupakan museum yang memiliki konsep edu-art-tainment. Para siswa ataupun wisatawan bisa mendapatkan pembelajaran tentang Islam yang dikemas secara menarik.

Salah satu pembelajaran yang bisa didapat oleh para siswa atau wisatawan adalah membaca dan menulis Arab Pegon. Pembelajaran Arab Pegon ini biasanya disebut dengan “Jum’at Mubarok,” karena pelaksanaan kegiatan ini hanya bisa didapatkan ketika hari Jum’at.

Awal mulanya para siswa akan diajarkan menulis nama, kegemaran serta asal daerahnya dalam arab pegon. Lalu jika mereka sudah menguasai, mereka akan diberikan teks cerita untuk dibaca bersama-sama. Ditengah kegiatan, para Story Teller Indonesian Islamic Art Museum juga akan memberikan game-game menarik.

Kegiatan Jum'at Mubarok di Indonesian Islamic Art Museum
Pengertian dari arab pegon sendiri adalah tulisan huruf hijaiyah yang berakulturasi dengan bahasa daerah di Indonesia. Sekilas tulisan Arab Pegon terlihat seperti tulisan bahasa Arab, tetapi ketika dibaca akan berbunyi bahasa Jawa. Lalu, bagaimana sih caranya agar bisa belajar Arab Pegon di Indonesian Islamic Art Museum?

Caranya adalah dengan membeli tiket masuk Indonesian Islamic Art Museum. Harga tiket museum adalah 10.000 untuk weekday dan 15.000 untuk weekend. Maka itu, jika ingin mengikuti kegiatan membaca arab Pegon di Indonesian Islamic Art Museum dikenakan biaya 15.000 per kepala.

Sementara itu, Indonesian Islamic Art Museum ini memiliki tiga zona utama. Zona pertama adalah Audio visual room, yang menyajikan film animasi “The Glorious of Islam.” Zona kedua berisi galery koleksi peninggalan kerajaan Islam dunia dan terkahir adalah zona Diorama, menyajikan berbagai miniatur berkaitan peradaban Islam.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar